Pengalaman Idul Qurban yang tak Terlupakan

Unforgettable Qurban

abc farm ahsan aqiqah domba online (1)Idul Qurban tahun ini terasa sedikit berbeda dengan tahun2 sebelumnya. Pasalnya ada satu kejadian yg membuat sy takjub sekaligus haru. Sore hari ketika 10 hari menjelang hari raya idul adha sy mendapati seorang tamu, yaitu seorang nenek dengan pakaian lusuh membawa bungkusan plastik hitam yg digenggamnya dengan erat.

Sy persilahkan masuk dan menanyakan maksud kedatangannya. Sy kaget ketika tiba2 beliau langsung membuka bungkus plastik yg dari tadi dibawa, ternyata isinya Al-qur’an. Dibukanya Al-Qur’an tersebut yang ternyata didalamnya terselip uang pecahan 50rb yg cukup banyak. Kemudian beliau menyerahkan uang tersebut dan berkata (klo diterjemahkan dari sunda ke indo kira2 seperti ini) “sy mau qurban, ini uangnya ada 1,2jt. Kira2 cukup tidak?”.

Sy dan bapak sy yg kebetulan ada disitu tanpa sadar langsung terdiam dan melongo. Sebelumnya maaf bukannya su’uzdon atau apa, tapi klo dilihat dari penampilannya, awalnya sy menyangka klo beliau mau minta sumbangan atau jamaah pengajian ibu2 yg mau nabung atau ngambil uang (ibu sy kebetulan bendahara di pengajian mingguan ibu2), sama sekali ga kepikiran mau qurban. Setelah beberapa saat terdiam sy kemudian menyerahkan brosur daftar harga hewan qurban pada beliau. Singkat cerita akhirnya kita deal untuk memilih salah satu kelas hewan qurban dan transaksinya pun berjalan baik.

Sebelum pulang, kami (sy & bapak sy) sempat berbincang2 sebentar dengan beliau. Ternyata namanya adalah Mak Eja. Profesinya sebagai tukang urut dan di usia senjanya masih harus menafkahi anak & cucunya. Yg bikin sy rada kaget ternyata rumahnya tidak jauh dari rumah sy, mungkin jaraknya sekitar 200m-an. Rumahnya dekat sawah dan klo dilihat kondisinya maaf cukup memprihatinkan. Mak Eja juga mengatakan klo dia memang sudah meniatkan untuk qurban tahun ini, makanya dia selalu menyisihkan sebagian upah ngurutnya untuk ditabung bahkan sampai rela tidak makan beberapa hari. Subhanallah..

jual domba sukabumi paket aqiqah anak sukabumiMendengar itu badan sy langsung merinding & mata sy terasa berat. Sy tidak menanyakan berapa lama waktu untuk mengumpulkan uang sebanyak ini, tapi klo dihitung secara logika saja mungkin bisa sampai bulanan atau bahkan tahunan. Beliau juga bercerita klo sebenarnya dia sudah mengumpulkan uang 1,3jt untuk qurban ditambah 20rb dari hasil ngurut terahirnya. Namun uang 120rb itu raib entah kemana.

Padalah dia sudah menyimpannya dengan hati2 di kamarnya. Maka akhirnya dia memutuskan untuk menyimpan sisa uangnya di dalam Al-Qur’an, dibungkus dengan plastik hitam dan selalu dibawanya kemana2. Hingga akhirnya uang tersebut diserahkan pada kami untuk dibelikan hewan qurban.

Kejadian tersebut menjadi pengalaman dan pelajaran berharga bagi sy pribadi. Mungkin Mak Eja bukanlah orang besar secara fsik, kedudukan atau kekayaan, tapi lebih dari itu Mak Eja memiliki jiwa yg besar, juga kecintaan pada islam yg begitu besar.

Sampai2 mewakafkan hampir seluruh penghasilannya untuk melaksanakan sunnah Rosulullah SAW. Sy mungkin sudah banyak mendengar kisah orang2 luar biasa seperti Mak Eja dari TV, buku, cerita teman, dan sumber lainnya. Tapi yg satu ini berbeda dari yg lain karena terjadi langsung di depan mata sy sendiri.

Begitu membekas serta membuat sy berfikir dan merenung “Mak Eja saja dengan segala keterbatasannya bisa melakukan hal luar biasa, sy dengan semua kelebihan yg Allah swt karuniakan kepada sy harusnya bisa lebih baik lagi”.

Semoga tulisan ini dapat memberikan motivasi, manfaat dan kebaikan bagi yg membacanya. Maaf bila ada kata2 yg kurang berkenan.

Wassalam..

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *